Hello I'm Indri and This is My Blog

Senin, 15 Oktober 2012

Tenses (Preface)


Kita pasti sebel banget dengan kata ini 'tenses'. Siapa yang nggak jengah dengan 16 jenis bentuk waktu ini beserta rumus-rumusnya. Kalau kasusku dulu, sebel belajar tenses karena sulit membedakan bentuk waktunya. 

But guys, tenses ini mutlak dipahami untuk menggunakan bahasa inggris sesuai dengan tata bahasanya yang benar. Sebuah kalimat jika tenses-nya salah, maka informasi yang didapat juga bisa jadi beda, loh.

Tenses jelas kegunaannya berhubungan dengan waktu. Fungsinya untuk memberikan informasi lebih spesifik kapan terjadinya suatu kejadian, tindakan, aktifitas, pernyataan, dan lain sebagainya. 

Inilah yang membedakan bahasa inggris dengan bahasa indonesia. Didalam bahasa Indonesia tidak ada perbedaan waktu dalam sebuah tindakan. Misalnya kalau kita mau bilang 'saya makan...', mau makannya sekarang, besok, atau 2 tahun lalu, tetap aja bilangnya 'saya makan...'. Nggak ada tuh perubahan kata menjadi makan, meken, atau mokon.

Kalau dalam bahasa inggris, perubahan bentuk waktu dibedakan menjadi 3, yaitu Sekarang (Present), Dulu (Past), dan Nanti (Future)

Present untuk kejadian pada saat ini, pada detik ini, atau merupakan suatu kebiasaan. Past untuk kejadian yang sudah lampau, bisa sejam yang lalu, kemarin, atau seabad yang lalu. Future jelas kejadiannya untuk masa depan, belum diketahui pasti terjadinya alias cuma Tuhan yang tahu, bisa semenit kemudian, besok, lusa, dan seterusnya. 

Nah, irregular verb-nya jangan lupa untuk dihapalin. Yang masih lupa-lupa ingat coba buka lagi materi tentang The Parts of Speech (Explanation)Biar nggak dibilang pelit, tabel irregular dan regular verb aku cantumkan (lagi) di bawah.

Anyways, sebelum lanjut memahami ke-16 bentuk waktu dalam tenses, kita harus ingat: Sekarang, Dulu, dan Nanti.

Selamat belajar. -IS-


1 komentar:

  1. Peluang Hebat DATANG LAGI
    Anda mau memiliki keuntungan 10-15% per 25 hari dengan
    berinvestasi di sebuah perusahaan yang legal?

    Anda mau bisa membeli emas setiap bulan untuk memastikan
    anda bisa mencipta kekayaan luar biasa dalam waktu 2-3 tahun
    ke depan?

    http://globalwavegoldindinesia.blogspot.com

    BalasHapus