Hello I'm Indri and This is My Blog

Minggu, 14 Oktober 2012

Article in Grammar

Sudah paham dengan Parts of Speechs? Nah, sekarang kita lanjut ke materi yang juga penting dalam Grammar atau tata bahasa inggris. Yang ini mudah kok guys dan materinya nggak banyak.

Dalam bahasa inggris ada yang namanya Article atau bahasa Indonesia-nya Kata Sandang. Kita semua pasti sudah pada tahu, dan seharusnya sebelum belajar Parts of Speech, materi ini sudah lebih dulu kita pahami. Namun, kali ini aku mau menjelaskan lebih detail agar penggunaannya sesuai dengan tata bahasa inggris.

Dalam Grammar, article adalah kata-kata yang tujuannya untuk menunjukkan, menetapkan, dan membatasi kata benda (whose purpose is to indicate, specify and limit a noun). Yang termasuk article, yaitu a/an dan theArticle a/an disebut sebagai indefinite article, yaitu digunakan untuk menerangkan kata benda yang tidak spesifik atau yang tidak pasti. Sedang article the disebut sebagai definite article, yaitu digunakan untuk menerangkan benda yang lebih spesifik. Bingung? coba perhatikan contoh berikut:

I buy the car. (artinya mobil yang dibeli spesifik jenisnya, dan lawan bicara sudah mengetahui mobil yang mana karena sudah pernah disebutkan)
I buy a car. (artinya mobil yang dibeli tidak spesifik jenisnya, hanya mengatakan bahwa saya membeli sebuah mobil)

Lebih lanjut perhatikan penjelasan berikut.

1. INDEFINITE ARTICLE: a/an
A dan an bisa berarti seorang, sebuah, seekor, yang jelas fungsinya untuk singular noun (kata benda tunggal).

Penggunaan a dan an:

1. a dan an digunakan pada singular noun yang termasuk countable noun (dapat dihitung) yang belum pernah disebutkan sebelumnya.

Example:

  • I meet a boy. (saya bertemu seorang cowok, artinya baru saja melihat cowok tersebut dan tidak spesifik cowok yang mana karena belum pernah disebutkan)
  • I want to buy a dress next week. (ini juga sama, tidak spesifik dress-nya karena belum tahu akan membeli dress yang mana)
2. a dan an tidak dapat digunakan secara langsung pada singular noun yang termasuk uncountable noun (tidak dapat dihitung).

Example:
  • Indra drinks a glass of milk. (menggunakan a glass karena milk termasuk uncountable noun, a milk)
  • Ina needs a spoon of sugar. (menggunakan a spoon karena sugar termasuk uncountable noun, a sugar)
  • I want a bowl of soup. (menggunakan.... pasti sudah tahu yaa)
a glass (segelas), a spoon (sesendok), a bowl (semangkuk) disebut dengan collective noun (kata benda kumpulan). Contoh lain dari collective noun dapat dilihat disini: Collective Noun.

Catatan: a digunakan pada kata benda tunggal yang bunyi pengucapan suku kata pertamanya berbunyi huruf konsonan, misal a car (baca: kar), a university (baca: yuniversiti). an digunakan untuk kata benda tunggal yang bunyi pengucapan suku pertamanya berbunyi huruf vokal (a,i,u,e,o), misal an hour (baca: awer), an elephant (baca: ilefen).



2. DEFINITE ARTICLE: the

Penggunaan the:

Telah dijelaskan diatas bahwa the digunakan untuk menerangkan benda yang lebih spesifik, artinya benda tersebut sudah disebutkan sebelumnya atau sudah diketahui benda yang mana. Sama dengan a/an, the juga dapat digunakan pada countable noun dan uncountable noun. Namun, khusus countable noun, the dapat digunakan untuk singular dan plural. Jadi, bisa disimpulkan the berarti 'itu' atau 'ini'.

Example:
  • the sea sand of Pantai Pasir Panjang is brown.
  • I like the blue T-shirt over there.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar