Hello I'm Indri and This is My Blog

Kamis, 18 Oktober 2012

Present Perfect Continuous Tense

Walaa, kita sampai ke bentuk terakhir dari Present Tense, ini dia Present Perfect Continuous Tense.

Present Perfect Continuous Tense dalam bahasa indonesia berarti waktu TELAH SEDANG berlangsung sekarang. Nah, kuncinya ada pada kata TELAH dan SEDANG. Jadi, kegunaan bentuk ini adalah untuk kejadian, tindakan atau apalah itu namanya, yang TELAH terjadi di waktu lampau namun SEDANG berlangsung dalam waktu sekarang, dan akan terus berlangsung. Perbedaannya dengan bahasan sebelumnya, yaitu Present Perfect (tanpa continuous), adalah kejadian tersebut telah selesai namun sekarang tidak lagi sedang berlangsung hanya saja kejadiannya memberikan pengaruh diwaktu sekarang. Nah, kalau yang ini, kejadiannya telah berlangsung, sekarang kejadiannya masih sedang berlangsung, kejadiannya masih sedang berlangsung, kejadiannya masih sedang berlangsunggggg!!!!

Rumus Present Perfect Continuous Tense adalah sebagai berikut:
Positive: S + has/have + been + V-ing + ... 
Negative: S + has/have not + been + V-ing + ... 
Interrogative: Has/have + S + been + V-ing + ...?

(*) Sama seperti present continuous, present perfect continuous juga tidak memiliki bentuk nominal. Namun ada beberapa yang mengatakan bahwa rumus nominal untuk bentuk continuous yaitu ditambahkan kata 'being' setelah to be atau kata bantu. Nggak salah sih guys, namun being lebih umum digunakan dalam kalimat pasif, dalam kalimat aktif baru bisa dibenarkan jika dalam kalimat itu menunjukkan aktivitas, misalnya: They are being very naughty (artinya mereka sedang melakukan sesuatu yang nakal, ini termasuk kalimat nominal (tidak terdapat kata kerja) tapi menunjukkan aktivitas atau ada sesuatu yang dilakukan).

Example:

(+) I have been crying for 2 hours. (saya telah sedang menangis selama 2 jam). Penjelasan: termasuk present perfect continuous karena nangisnya sudah 2 jam (hitungan waktu yang sudah lewat), sampai sekarang masih nangis, dan waktu dia ngomong gini pasti nangisnya masih akan terus berlangsung.
(-) I haven't been crying for 2 hours.
(?) Have I been crying for 2 hours? (jawab aja meneketehe)

Penjelasannya membingungkan nggak? Oke biar lebih paham nih aku kasih contoh kasusnya.

"saya cerita ke teman saya kalau saya punya adik perempuan, terus teman saya nanya dia sekolah di mana dan sudah berapa lama, terus kebetulan sekarang jam sekolah dan saya bilang dia sedang belajar di SMPN 21 selama sekitar 6 bulan." 

Nah, untuk menyatakan informasi dari peristiwa tersebut kita menggunakan Present Perfect Continuous, kenapa? Karena di situ saya ingin bilang bahwa adik saya TELAH bersekolah di SMPN 21, kalau sekarang bukan jam sekolah maka kita bisa gunakan Simple Present yang menunjukkan kebiasaan, tapi karena kebetulan sekarang SEDANG jam sekolah yang otomatis adik saya sedang belajar di sekolahnya, ditambah ada keterangan waktu spesifik yaitu 'selama sekitar 6 bulan' maka lebih pas jika dinyatakan dalam bentuk Present Perfect Continuous, menjadi:

She has been studying in junior high school of 21 for about 6 months. (Dia telah sedang belajar di SMPN 21 selama sekitar 6 bulan). Nah, dari kalimat ini kita bisa dapat informasi tambahan bahwa dia akan terus belajar di sekolah tersebut, kan.

Tambahan dikit, guys, Present Perfect Continuous juga dapat digunakan untuk tindakan, peristiwa dan lain sebagainya, yang BARU SAJA selesai dilakukan, namun ada pengaruhnya pada waktu sekarang, misalnya:
She is thirsty because she has just been singing for 2 hours. (sekarang dia lagi haus banget nih, soalnya dia baru aja sedang selesai nyanyi selama 2 jam, woow).

Yippiii, 'Present' kita SELESAI. Yuk kita review sedikit. Simple Present berarti suatu kejadian yang BIASA dilakukan di waktu dulu, sekarang, dan sampai nanti (waktunya tidak spesifik). Present Continuous berarti kejadian yang SEDANG berlangsung sekarang diwaktu bicara (spesifik waktunya dan bersifat sementara/ bukan kebiasaan). Present Perfect untuk kejadian yang TELAH terjadi tapi memberikan pengaruh di waktu sekarang. Dan Present Perfect Continuous untuk kejadian yang TELAH dan SEDANG terjadi di waktu sekarang. Contoh penerapannya:

Simple Present: I miss you (dari dulu, sekarang dan sampai nanti akan terus merindukanmu, hihiyy)
Present Continuous: I'm missing you (detik ini aku lagi rindu kamu nih, padahal kemarin2 nggak, dan bentar lagi juga ilang rindunya :p)
Present Perfect: I have missed you (aku telah merindukanmu kok, kamu aja yang nggak tau, cuma sekarang nggak lagi, kan udah ketemu)
Present Perfect Continuous: I have been missing you (kamu tahu nggak aku ini telah merindukanmu dari kemarin2, sekarang juga sedang rindu kamu nih, dan bisa dipastikan akan terus merindukanmu)

Jangan senang dulu guys, kita masih punya 2 part, yaitu Past (dulu) dan Future (nanti). Okay, kumpulkan lagi semangatnyaaa!!!! -IS-



PREVIOUS:
Preface for Learning English Language
English Grammar
The Parts of Speech (Preface)
The Parts of Speech (Explanation)
Article in Grammar

TENSES:
Simple Present Tense
Present Continuous Tense
Present Perfect Tense
Present Perfect Continuous Tense

Tidak ada komentar:

Posting Komentar