Hello I'm Indri and This is My Blog

Sabtu, 20 Oktober 2012

Grup Band: Paramore

Paramore today, from left: Jeremy - Hayley - Taylor


Siapa yang tidak kenal band satu ini. Band dengan musik dan vokal yang powerful! Ini dia guys, salah satu band favoritku, sampai poster mereka aku biarkan mejeng di dinding kamar, hehe. Nah, kebetulan baru sempat nulis tentang mereka. So, langsung check aja deh biografi singkat dari Paramore.

Paramore adalah grup musik asal Franklin, Tennessee, Amerika Serikat, yang terbentuk pada tahun 2004. Genre musik Paramore ini guys, sebenarnya lebih ke Rock Alternative, but ada juga yang menyebut dengan nama aliran baru seperti Power Pop dan juga Pop Punk.


Pada awal terbentuk, Paramore digawangi oleh Hayley Williams (vokalis), Josh Farro (gitaris), Taylor York (gitaris), Zac Farro (drummer), dan Jason Clarke (bassist). Nah guys, waktu pertama kali akan masuk ke dalam dunia major label, personel tetap hingga sekarang, Taylor York, tidak ikut diorbitkan, lho. Taylor York dan Jason Clarke tidak disetujui keberadaannya oleh pihak label. Maka, sang vokalis membawa gitaris dan bassist baru, yaitu Jason Bynum dan Jeremy Davis, yang akhirnya disetujui oleh label. Katanya sih, nama Paramore diambil dari nama gadis ibu bassist pertama band ini, yang artinya 'kekasih gelapku'.


Setelah menandatangani kontrak dengan Fueled by Ramen pada April 2005, mereka melanjutkan perjalanan tur. Kemudian pada Juli 2005, album pertama mereka, All We Know Is Falling, resmi dirilis. Sayangnya, bassist baru mereka, Jeremy Davis, memilih mengundurkan diri sebelum album ini resmi dirilis, karena alasan masalah pribadi. Hayley mengatakan bahwa album ini menggambarkan kesedihan mereka atas hengkangnya Jeremy. Keluarnya Jeremy membawa dampak besar pada Paramore, dan memberikan Hayley inspirasi untuk menulis lagu All We Know. Sampul album ini bergambar sofa merah kosong dan terdapat bayangan, dimaksudkan untuk menggambarkan perasaan kosong mereka atas keluarnya Jeremy dari Band. Selama tur album ini Paramore merekrut John Hembree untuk menjadi additional player bassist mereka. Tapi, 5 bulan kemudian Jeremy diminta kembali, dan akhirnya posisi John Hembree diisi kembali oleh Jeremy. Nah guys, di album ini ada satu lagu berjudul 'My Heart' yang didalamnya kita bisa mendengarkan Josh Farro scream!

Di video klip 'Emergency', kita tidak lagi melihat kehadiran Jason Bynum, karena ia memilih mengundurkan diri sebelum video klip ini dirilis. Posisi Jason Bynum di video klip tersebut digantikan oleh William 'Hunter' Lamb, yang kemudian direkrut menjadi bassist tetap Paramore. Namun, pada tahun 2007, Hunter juga mengundurkan diri dari Band untuk menikah.

Empat personil yang tersisa tetap menunjukkan eksistensi mereka dengan merilis album kedua pada Juni 2007, Riot! yang berarti "ledakan emosi tiba-tiba yang tidak terkontrol". Ada 2 lagu yang jadi the most favorite bagi aku di album ini, Crush Crush Crush dan That's What You Get. Nah, dari album inilah gitaris lama yang telah didepak, Taylor York, mulai kembali menjadi personil Paramore, menggantikan posisi Hunter Lamb. Pada awalnya Taylor hanya diminta untuk menjadi gitaris tambahan selama tur album kedua. Paramore semakin melejit namanya setelah mengisi soundtrack film vampir romantis, Twilight, pada tahun 2008. Mereka menyumbang dua buah lagu, yaitu Decode dan I Caught Myself.


September 2009, Paramore merilis album ketiga mereka, Brand New Eyes. Di album ini Taylor York telah menjadi personil tetap Paramore. Nama album ini memiliki arti sudut pandang baru dari kelima personil. Mereka menyatakan bahwa di album ini hubungan mereka semakin erat setelah sebelumnya mengalami keretakan. Satu lagu favoritku di album ini, Brick By Boring Brick.



Unfortunately guys, pada 18 Desember 2010, dua pendiri Paramore, Farro bersaudara, Josh dan Zac, memilih mengundurkan diri dari band. Hayley mengatakan alasan mereka keluar adalah karena mereka sudah merasa tidak bahagia di Paramore belakangan ini. Namun, Josh menyatakan bahwa Hayley membuat konferensi pers versinya sendiri tanpa konsultasi dengan personil lain dan apa yang diungkapkannya tidak sepenuhnya benar. Ia kemudian mengutarakan alasan sebenarnya dengan menulis melalui blog. 

Ia mengatakan bahwa alasan ia dan saudaranya keluar dari Paramore adalah karena sang vokalis, Hayley Williams. Josh dan Zac merasa bahwa selama ini mereka hanya menjadi 'band pengiring' untuk Hayley yang selalu diperlakukan istimewa. Mereka membeberkan tentang Hayley yang ingin bersolo karier. Mereka mengatakan bahwa Hayley telah menjadi semacam 'produk bentukan major label' dan mulai berubah arah sejak pembuatan album Brand New Eyes, ini tergambar dari lirik-lirik ciptaannya yang amat negatif dan bertolak belakang dengan kepercayaan mereka selama ini. Mereka juga menyatakan bahwa selama ini Hayley menciptakan suasana tidak kondusif dalam band. Dari awal karier, Hayley selalu melakukan negoisasi dengan label tanpa melibatkan rekan-rekannya. Bahkan, hanya Hayley yang membubuhkan tanda tangan kontrak dengan label tempat mereka bernaung sekarang.

Kini Paramore hanya menyisakan 3 personil, Hayley, Taylor, dan Jeremy. Mereka terus berkarya dan merilis lagu pertama tanpa Farro bersaudara pada Juni 2011, Monster, yang menjadi soundtrack film Transformer: Dark of the Moon.




Band terkenal seperti Paramore, ternyata juga memiliki banyak konflik didalamnya ya, guys. Keluar masuknya personil dalam band ini sebenarnya sangat disayangkan. Namun, karena aku pribadi menikmati karya-karya mereka, jadi permasalahan-permasalahan internal dalam band ini tidak mengurangi apresiasi aku terhadap karya mereka. Musik mereka tetap dicintai oleh para Parawhore. -IS-


Watch video clip 'Monster' by Paramore:




1 komentar: