Hello I'm Indri and This is My Blog

Selasa, 16 Oktober 2012

Present Continuous Tense



  Gimana, sudah paham dengan Simple Present? Ingat ya guys, belajar itu harus bertahap. Nah, kalau kalian sudah yakin bisa memahami bentuk simple present, sekarang kita move on ke bentuk Present Continuous.

  Dalam bahasa Indonesia, Continuous artinya sedang. Karena ada Present, maka maksudnya jadi sesuatu yang sedang dilakukan di waktu sekarang. Perbedaan present continuous dengan simple present, jelas terletak pada kejelasan waktunya. Dalam simple present menyatakan sesuatu yang biasa dilakukan, kalau dalam present continuous sesuatu yang sedang dilakukan diwaktu sekarang pada detik ini atau diwaktu berbicara dan bukan merupakan suatu kebiasaan (bersifat sementara).
Present continuous hanya memiliki rumus kalimat verbal, yaitu:

Positive: S + to be (am/are/is) + V1ing + ...
Negative: S + to be not + V1ing + ...
Interrogative: to be + S + V1ing + ...?

  Bisa lihat perbedaan rumusnya dengan simple present? Yups, jika dalam simple present to be (am, are, is) tidak boleh diikuti kata kerja, maka dalam present continuous harus ada to be (am, are, is) sebelum kata kerja bentuk pertama, dan kata kerja tersebut harus ditambah affix (imbuhan) -ing.

Example:
(+) I am writing the letter. (saat ini dia sedang melakukan sesuatu maka termasuk dalam present continuous, to be am karena subjeknya I, writing adalah bentuk kata kerja write (menulis) ditambah -ing).
(-) I am not writing the letter. (saya tidak sedang menulis surat)
(?) Am I writing the letter? (apakah saya sedang menulis surat? mungkin dia lagi galau jadi nanya sama diri sendiri) 

  Masih bingung? Coba lihat contoh kejadian berikut ini:
"Sekarang ini teman saya mengirim pesan singkat, dia bertanya saya sedang apa, saat ini saya sedang membaca sebuah novel, tapi hanya untuk mengisi waktu luang, tidak setiap saat saya membaca novel." 

Kejadian tersebut termasuk present continuous (sedang berlangsung), dan menjadi:
F: What are you doing now?
I: I am reading a novel at the moment.

bukan 'I read' karena jika begitu maka termasuk bentuk simple present, dan si penanya bukan menanyakan hobi, tetapi hanya menanyakan apa yang sedang dilakukan sekarang. Jika jawabannya bentuk simple present 'I read', maka pertanyaannya 'What do you do in your free time or for fun?'
Ya, dalam present continuous, biasanya diberikan ket. waktu seperti now, at the moment, right now, etc (et cetera: dsb).

Present Continuous juga memiliki beberapa kegunaan:

1. Untuk menyatakan kejadian yang sedang berlangsung. Contohnya ada pada bentuk diatas. Contoh lain: He is sleeping. (artinya untuk menyatakan bahwa dia sekarang sedang tidur, tapi bukan berarti dia tidur selamanya kan?). Bentuk negatifnya he is not sleeping (saat ini dia tidak sedang tidur, jika menggunakan he doesn't sleep (bentuk simple present), artinya seumur hidupnya dia tidak pernah tidur).
2. Dapat juga digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang terjadi disekitar waktu ini (around now), bisa terjadi sebelum dan sesudah sekarang, tapi kejadian tersebut sifatnya sementara (tidak untuk dilakukan terus menerus).
Ex: I am waiting for my brother until I am tired. (artinya dia nunggunya sudah lumayan lama, mungkin sudah 2 jam yang lalu, dan dia masih terus nunggu).

3. Peristiwa atau kejadian yang akan terjadi di masa akan datang tetapi waktunya telah direncanakan atau ditentukan. Masa yang akan datang itu bisa sejam kemudian, sehari kemudian atau mungkin setahun kemudian. Biasanya menggunakan ket. waktu: tonight, tomorrow, next month, next year, etc.
Ex: I am having a final examination tomorrow. (Dia mau mengatakan bahwa dia besok mau ujian, seharusnya menggunakan 'will' kan? Tapi will itu untuk bentuk future, sedangkan dalam kalimat tersebut ada ket. waktu yang jelas kapan kejadian yang baru akan terjadi itu dilaksanakan).

Catatan sedikit guys, ada beberapa kata kerja yang tidak boleh dibentuk menjadi present continuous, yaitu:
a.. kata kerja yang menyatakan perasaan, seperti:
    - like (liking), dislike (disliking).

b. kata kerja yang berhubungan dengan panca indera, seperti:
    - feel (feeling), hear (hearing).

c. kata kerja yang menyatakan pikiran atau pendapat, seperti:
    - believe (believing), forget (forgetting).
       untuk 'think' (memikirkan) boleh diubah kedalam present continuous menjadi 'thinking'.

Sebenarnya tidak salah jika kata-kata tersebut ditambah affix -ing, hanya saja kurang umum digunakan dalam kalimat formal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar