Hello I'm Indri and This is My Blog

Selasa, 20 November 2012

Past Continuous Tense


Hai hai semuaaaaa. Gimana udah siap untuk belajar bentuk Past Tense berikutnya? Okay, here we go!

Bentuk kedua dari Past Tense adalah Past Continuous Tense atau bahasa Indonesianya waktu yang sedang berlangsung dulu. Masih inget sama bentuk Present Continuous Tense? Nah, Past Continuous ini sodaraan sama bentuk tersebut, bedanya hanya terjadi di waktu yang udah lewat. So, bentuk ini fungsinya untuk menyatakan kejadian, peristiwa, dsb yang SEDANG berlangsung di masa lampau ketika kejadian lainnya terjadi. Bingung yah? Sabar ntar dijelasin. Anyways, yuk kita liat dulu rumusnya.

Verbal Sentence 
(+) S + was/were + V-ing + ... 
(-) S + was/were not + V-ing + ... 
(?) was/were + S + V-ing + ...

Seperti halnya Present Continuous Tense, Past Continuous juga hanya memiliki satu rumus, yaitu untuk bentuk verbal saja, karna kalau ada nominal, jatuhnya jadi Past Tense, tapi eh tapi masih ingetkan dengan penggunaan Continuous Tense untuk kalimat nominal dengan kata 'being'?

Example:
(+) Andy was having a lunch when I came to his house yesterday. (Andy SEDANG makan siang ketika saya datang ke rumahnya kemarin)
(-) Andy was not (wasn't) having a lunch when I came to his house yesterday. (Andy SEDANG makan siang ketika saya datang ke rumahnya kemarin)
(?) Was Andy having a lunch when I came to his house yesterday. (Apakah Andy SEDANG makan siang ketika saya ke rumahnya kemarin?)

Nah, kalimat diatas termasuk Past Continuous Tense karena si Andy pada detik itu SEDANG melakukan sesuatu ketika si Saya melakukan sesuatu yang lain. Kenapa kalimat si saya nggak pake bentuk Past Continuous juga? Itu karena kalimat utamanya si kalimat saya itu, mungkin si saya cerita sama temannya pada pagi tadi, sedangkan dia ke rumah si Andy kemarin siang, kan waktunya gak barengan, jadi cukup pake Simple Past aja, kalau kalimat si Andy kan terjadi tepat banget ketika kalimat si saya terjadi. Pokoknya yang namanya Continuous kuncinya ada di kata SEDANG. 

Masih bingung? Okay, simak contoh berikut ini. Misalnya nih, si Susi sekarang lagi cerita sama temannya bahwa dia kemarin sore pergi berenang, pas dia pergi berenang eh pas banget hujan SEDANG turun, nah kalimatnya jadi gini: I went to swimming while it was raining yesterday. While itu artinya sama dengan when yaitu ketika, hanya berbeda penggunaannya ketika posisi kalimat diubah, ini contohnya:
It was raining when I went to swimming. (Past continuous + when + Simple past)
When I went to swimming, it was raining. (when + Simple past + Past continuous)
I went to swimming while it was raining. (Simple past + while + Past continuous)
While it was raining, I went to swimming. (while + Past continuous + Simple past)

Contoh kasus lain, misalnya nih, sekarang jam 5 sore si Dani lagi ngobrol-ngobrol sama si Danu, terus si Danu nanya, kemarin jam segini si Dani ngapain, terus si Dani jawab jam segini kemarin dia lagi main sepak bola, nah kalimat si Dani jadi: I was playing football.

Gimana guys? Udah paham? Tambahan lagi nih, Time signals atau penanda waktu yang biasa digunakan dalam bentuk Past Continuous: when, while, as, all day yesterday, the whole day yesterday.

Wokeh! Udah beres penjelasan tentang Past Continuous. Semoga pada ngerti ya. Selamat belajar :) -IS-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar