Hello I'm Indri and This is My Blog

Sabtu, 13 Oktober 2012

Preface for Learning English Language


         Yo guys! Kali ini aku akan memberikan kalian ilmu. Bukan ilmu hitam atau ilmu kanuragan. Tapi ilmu tentang jurus musang ekor sembilannya naruto. He he he, nggak deh. Berhubung aku mahasiswi bahasa inggris, so aku mau berbagi sedikit mengenai ilmu bahasa inggris. Itung-itung sebagai evaluasi personal.

        Zaman sekarang penting untuk memiliki kemampuan berbahasa inggris. Bukan hanya untuk menaikkan prestige, tapi memang bahasa inggris mutlak dibutuhkan dalam dunia globalisasi. Karena seperti yang kita ketahui bersama bahasa inggris adalah bahasa internasional. Kenapa penting? Contoh  yang paling sederhana, coba aja liat laptop atau PC atau semua gadget kalian, bahasa pengantarnya pakai bahasa apa? Kalau nggak ngerti bahasa inggris sama sekali, kira-kira bisa nggak kalian tahu tuh benda-benda gunanya buat apa? Dan tentu saja, masih banyak manfaat lain dari memiliki kemampuan dalam berbahasa inggris.

       Di negara kita bahasa inggris termasuk bahasa asing. Karena kehidupan masyarakat kita tidak menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi sehari hari. Ya, coba aja kalian ke pasar tradisional trus ngomong bahasa inggris ke penjualnya, bisa dikira orang aneh yang sok bule. Kalau negara saudara kita, alias Malaysia, bahasa inggris jadi bahasa kedua. Jadi masyarakatnya selain ngomong pake bahasa ibu, yaitu bahasa melayu, mereka juga biasa berkomunikasi menggunakan bahasa inggris. Kok bisa begitu? Ya, karena dulunya Malaysia itu bekas jajahan Inggris. Nggak cuma Malaysia, tapi rata-rata negara-negara tetangga yang tergabung dalam ASEAN, menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa kedua.

      Bahasa inggris memang bisa dipelajari lewat mana saja, dan kalian pasti bertanya-tanya kenapa aku memilih prodi bahasa inggris, padahal banyak sekali lembaga non formal yang menjamin untuk lancar berbahasa inggris hanya dalam kurun waktu 3 bulan (?). Kebanyakan dari kita bahkan sudah diperkenalkan dengan bahasa inggris sejak kecil. But guys, setelah aku ambil study bahasa inggris secara formal, aku baru tahu kalau ternyata selama ini bahasa inggrisku acak-acakan, padahal sudah kepalang pede banget bahasa inggris ku selama ini T.O.P.B.G.T. Film, lirik lagu, itu kebanyakan bahasa gaulnya bule, atau slang, dan termasuk bahasa inggris non formal. Intinya itu hanya bisa dipakai dalam percakapan sehari-hari. Memang kebanyakan dari kita, mungkin jago kosa kata dalam bahasa inggris, tapi ternyata tata bahasanya juga kebanyakan kacau balau. Bahkan masih suka keliru pembendaharaan kosa kata. Misalnya yang harusnya konteks kalimatnya menggunakan kata benda, eh malah menggunakan kata sifat. Jadi, mengambil study bahasa inggris secara profesional dalam lembaga formal sudah bukan merupakan tingkat sederhana atau yang umum digunakan, namun materinya sudah lebih kompleks. Makanya, dalam study ini, sudah tidak diberikan materi dasar secara spesifik, hanya sekilas-sekilas saja dibahas. But, dalam blog ini, aku akan menyajikan penggunaan bahasa inggris dalam lingkup sehari-hari. Agar tidak membingungkan dan bermanfaat bagi semua tingkatan.

     The first thing you have to do to learn english, sebenarnya adalah mengingat berbagai macam kosa kata. Minimal dalam sehari kalian hapalin aja 5 kata. Jangan yang susah-susah atau yang tidak umum. Bule asli aja belum tentu tahu. Jangan maksain ngapalin kosa kata yang jarang banget digunakan. Tenang guys, 75% bahasa serapan Indonesia diserap dari bahasa Inggris. Paling hanya berbeda tulisan dan pengucapannya. Dan yang paling terpenting dilakukan dalam belajar bahasa inggris sebenarnya lebih baik melalui listening dan speaking. Melatih listening dan speaking bisa dilakukan lewat film dan musik. Tadinya sih, aku kepikiran membuat blog ini jadi full english language. Tapi, berhubung aku orang Indonesia, jadi aku pengen blog ini bermanfaat bagi teman-teman di negaraku sendiri. Jadi deh bahasanya campur-campur.

      Seperti halnya bahasa Indonesia, kebanyakan ragam tulisan tidak memiliki daya tarik. Orang lebih suka dengan ragam lisan yang penyampaian informasinya lebih mudah ditangkap. Tapi aku akan berusaha mengkomunikasikan tulisanku dengan baik. Supaya kita yang selama ini kesulitan dalam memahami bahasa inggris, bisa terbantu dengan blog ini. Aku juga masih dalam tahap belajar. Bukan seorang master, so guys, let's learn together! -IS-

NEXT:
English Grammar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar